Kompetensi Perawat Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rawat Jalan

Imelda Rahmayunia Kartika

Abstract

Abstrak

Dalam konsep model interaksi perawat-pasien, terdapat salah satu indikatornya adalah kompetensi perawat. Kompetensi ini menjadi bagian penting yang harus diperhatikan perawat dalam melakukan perawatan pada pasien, demi tercapainya kepuasan pasien. Pasien rawat jalan RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi masih menyatakan kurang puas dengan interaksi perawat dalam melakukan pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi perawat dengan kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan di rawat jalan. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 295 orang pasien rawat jalan diambil secara purposive. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi dari PSNCS (Patient Satisfaction with Nursing Care Scale) dan NSNS (Newcastle Satisfacton to Nursing Scale). Analisa data menggunakan Korelasi Spearman. Kepuasan pasien berada pada level menengah (Mean= 33 pada skor 12 – 60). Kompetensi perawat didapatkan (Mean= 12,39). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi perawat dengan kepuasan pasien (p value = 0,0001). Hal ini menunujukkan semakin tinggi kompetensi yang dimiliki oleh seorang perawat di rawat jalan, maka akan semakin tinggi kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan yang diberikan. Diharapkan perawat dapat meningkatkan kompetensi dalam melakukan pelayanan keperawatan, sehingga secara umum mutu pelayanan keperawatan dapat meningkat.

 

Kata Kunci : kompetensi perawat, kepuasan pasien rawat jalan, pelayanan keperawatan

References

Alligood & Tomey. (2010). Nursing theory utilization and application. Elsevier Mosby, Inc.St. Missouri.

Berman, A. T., Shirlee, S., & Geralyn, F. (2016). Kozier & Erb’s Fundamentals of Nursing (10th ed.). St. Louis: Pearson.

Chahal, H., & Mehta, S. (2014). Developing patient satisfaction constr- uct for public and private health care sectors. Journal of Services Research, 13(2), 9–29.

Kartika, I. R. (2015). Affective Support By Nurse on Outpatient Satisfaction in Nursing Care. The International Conference on Fort De Kock Health Science College, 1(1), 66–74.

Kleefstra, S. M., Zandbelt, L. C., de Haes, H. J., & Kool, R. B. (2015). Trends in patient satisfaction in Dutch university medical centers: room for improvement for all. BMC Health Services Research, 15(1), 112. https://doi.org/10.1186/s12913-015-0766-7

Lopes, J. L., Cardoso, M., Alves, V., & D’Innocenzo. (2009). Outpatient satisfaction with nursing care *. Acta Paul Enferm, 22(2), 2(22), 136–141.

Mortazavi, S., Kazemi, M., Shirazi, A., & Aziz-Abadi, A. (2009). The relationships between patient satisfaction and loyalty in the private hospital industry. Iranian Journal of Public Health, 38(3), 60–69.

Naidu, A. (2009). Factors affecting patient satisfaction and healthcare quality. International Journal of Health Care Quality Assurance, 22(4), 366–381. https://doi.org/10.1108/09526860910964834

Perry, & Potter. (2016). Fundamentals of Nursing (9th ed.). Philadelphia: Stokert Hall.

Roberge, D., Tremblay, D., Turgeon, M. È., & Berbiche, D. (2013). Patients’ and professionals’ evaluations of quality of care in oncology outpatient clinics. Supportive Care in Cancer, 21(11), 2983–2990. https://doi.org/10.1007/s00520-013-1872-x

Senarath, U., Gunawardena, N. S., Sebastiampillai, B., Senanayake, A., Lekamge, S., Seneviratna, A., … Wijeratne, D. (2013). Patient satisfaction with nursing care and related hospital services at the National Hospital of Sri Lanka. Leadership in Health Services, 26(1), 63–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/17511871311291732

Tang, W. M., Soong, C., & Lim, W. C. (2013). Patient Satisfaction with Nursing Care : A Descriptive Study Using Interaction Model of Client Health Behavior. International Jpurnal of Nursing Science, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.5923/j.nursing.20130302.04

Tateke, T., Woldie, M., & Ololo, S. (2012). Determinants of patient satisfaction with outpatient health services at public and private hospitals in Addis Ababa, Ethiopia. African Journal of Primary Health Care & Family Medicine, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/phcfm.v4i1.384

Tussing, T. E. (2015). Nurse Rounding : An Evidenced Based Practice Report. Doctor of Nursing Practice Program Projects.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.