Pengaruh Pelatihan Proses Keperawatan terhadap Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Puskesmas Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat

Fitra Yeni

Abstract

: Pendokumentasian asuhan keperawatan di puskesmas sangat beragam dan tidak sesuai standar sementara pendokumentasian yang tidak sesuai standar mengakibatkan rendahnya mutu pelayanan di puskesmas. Peningkatan kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan dapat dilakukan melalui pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pelatihan proses keperawatan keluarga dapat meningkatkan kemampuan perawat puskesmas dalam melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan keluarga. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre/post test design. Sampel penelitian adalah 44 perawat yang berasal dari 22 puskesmas di Kabupaten Agam.  Dokumentasi asuhan keperawatan keluarga dinilai dengan menggunakan checklist asuhan keperawatan (nursing care checklist). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan proses keperawatan dapat meningkatkan kemampuan perawat dalam melakukan dokumentasi asuhan keperawatan (p=0,000;p<0,05). Rata-rata kemampuan dokumentasi sebelum pelatihan adalah 4,72 dan meningkat menjadi 8,63 setelah pelatihan.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi dinas kesehatan kota dan institusi pendidikan dalam menyusun model asuhan keperawatan di puskesmas.

References

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bappenas. (2008). Peningkatan Akses masyarakat terhadap kesehatan yang lebih baik. Diakses dari www.bappenas.go.id pada tanggal 30 oktober 2013.

College of Registered Nurses of British Columbia. (2013). Nursing Documentation. Diakses dari www.crnb.ca pada tanggal 3 November 2014.

Darnanto & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yogyakarta: Gava Media

Depkes, R.I. (2002). Laporan teknis penerapan keperawatan kesehatan masyarakat. Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik. Tidak dipublikasikan.

Depkes, R.I. (2004). Kebijakan dasar pusat kesehatan masyarakat. Jakarta: Depkes

Depkes, R.I. (2006). Pedoman kegiatan perawat kesehatan masyarakat di puskesmas. Jakarta: Depkes.

Dinarti. (2009). Dokumentasi Keperawatan. Jakarta: Trans Indo Media.

Distancelearningcentre. (2014). Care Planning & Documentation Course. Diakses dari www.distance-learning-centre.co.uk pada tanggal 3 November 2013.

Gillies. (2000). Manajemen keperawatan sebagai sebagai suatu pendekatan sistem. Penerjemah: Neng Hadi Samiji. Bandung: Yayasan IAPKD.

Friedman, M.M & Bowden, E.G. (2010.) Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktek. (Terjemahan). Ed. 5. Alih Bahasa Estu Tiar. Jakarta: EGC

Hartley, P.A. (2007). Documentation. Diakses dari www.ceufast.com pada tanggal 30 November 2013.

Hariandja, M.T.E & Hardiwati, Y. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, pengkompensasian dan Peningkatan Produktifitas Pegawai. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia.

Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia. (2013). Praktek keperawatan mandiri memperkuat pelaksanaan sistem jaminan sosial nasional kesehatan. Kongres Nasional II, Hotel Sheraton Yogyakarta Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2006). Psikologi Eksperimen. Jakarta: Intan Sejati Klien.

Lees, L. (2010). Improving the Quality of nursing documentation on an acute medicine unit. Diakses dari www.nursingtimes.net pada tanggal 17 Desember 2013.

Potter, P.A & Perry, A.G (2009). Keperawatan Dasar. Ed. 4.Alih bahasa: Renata dkk. Jakarta: EGC.

Prayogi, E. (2013). Pelaksanaan keperawatan kesehatan masyarakat. Makalah. Disampaikan pada Pertemuan Workshop Nasional pada tanggal 20-22 November 2013.

Ramli, I. & Kusnanto, H. (2006). Pelaksanaan program perawatan kesehatan masyarakat keluarga miskin di Kabupaten Agam. Makalah. Universitas Gadjah Mada. Tidak dipublikasikan.

Sari, M.R. (2012). Faktor-faktor manajemen sumber daya manusia yang mempengaruhi pelaksanaan perkesmas di puskesmas wilayah Kotamadya Jakarta Barat tahun 2012. Tesis. Universitas Indonesia. Tidak dipublikasikan.

Sedyaningsih, E.R. (2011). DEPKES: Target MDGs bidan. diakses dari www.wartapedia.com. pada tanggal 30 November 2013.

Sulistyowati, R.D. (2009). Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pasien di Puskesmas Klaten Selatan. Tesis. Diakses dari www.pasca.uns.ac.id pada tanggal 17 Desember 2014.

Susanto, R. (2010). Penerapan Standar Proses Keperawatan di Puskesmas Rawat Inap Cilacap. Jurnal Keperawatan Soedirman, Vol. 5, no 2, 80-84.

Sparks & Taylor’s. (2011). Nursing Diagnosis Reference Manual. Mosby: St. Louis

Tallaut, A. (2003). Dampak Pelatihan Asuhan Keperawatan Terhadap Pendokumentasian Keperawatan di RSU Tual Kabupaten Maluku Tenggara. Tesis. Diakses dari www.paca.ugm.ac.id pada tanggal 17 Desember 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.