Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet Terhadap Perilaku Ibu dalam Melakukan DDTK pada Anak Usia 1-36 bulan

Ayuro Cumayunaro, Helda Helda, Yonaniko Dephinto, Yelly Herien

Abstract

Usia anak 1-36 bulan  merupakan jendela kesempatan bagi anak untuk mengasah seluruh aspek perkembangan motorik, penglihatan, kemampuan berpikir, kemampuan bahasa, perkembangan sosial, serta kecerdasan emosional karena 80% otak anak berkembang pada periode emas tersebut. Namun berbagai masalah pertumbuhan dan perkembangan justru  banyak terjadi di rentang usia ini. Deteksi dan intervensi dini sangat membantu agar tumbuh kembang anak berlangsung optimal. Booklet menjadi media yang efektif karna berisi panduan lengkap, bahasa yang mudah dimengerti, dengan tampilan yang menarik dapat secara praktis dibawa  ibu kemanapun dan menjadi petunjuk dalam deteksi secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap perilaku ibu (pengetahuan dan sikap) dalam melakukan deteksi tumbuh kembang anak 1-36 bulan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest. Penelitian berupa pendidikan kesehatan melalui media booklet pada 51 ibu yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengukuran pengetahuan dan sikap ibu menggunakan kuesioner serta hasil akhir dianalisis dengan uji T berpasangan. Hasil uji statistik dengan uji T berpasangan didapatkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara pengetahuan ibu (p=0,000) dan sikap ibu (p=0,005) dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan. Booklet menjadi media yang cukup efektif untuk memberikan pendidikan kesehatan kesehatan kepada ibu. Perlu pemanfaatan media booklet oleh tenaga kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu agar bisa melakukan pemantauan tumbuh kembang anak secara optimal.

 

References

Alkhazrajy, L.A & Aldeen, E.R.S. (2017). Assessment of Mothers Knowledge Regarding the Developmental Milestone among Children Under Two Years in Iraq. American Jour nal of Applie d Sciences 2017, 14 (9): 869.877

Ambarwati, F.D dan Handoko, L.S. (2011). Golden Age, Platinum Mom for Platinum Generation, edisi 7.

Arun, R.G.R., Shailaja, U., Rao Prasanna, N. (2018). Growth and Development in Children; An Ayurvedic Perspective. International Journal of Ayurvedic and Herbal Medicine 3:5 (2013) 1337–1342

Butchon, R & Liabsuetrakul, T. (2017). The Development and Growth of Children Aged under 5 years in Northeastern Thailand: a Cross-Sectional Study. Journal of Child & Adolescent Behavior, Vol.5, Issue 1.

Daniel, B et al. (2017). Knowledge and Attitude on Growth Monitoring and its Associated Factors among Mothers/Guardians of Children Less than Two Years in Areka Town, Southern Ethiopia, 2017. Journal of Nutritional Disorders & Therapy, Vol.7, Issue 3.

Debuo, et al. (2017). Caregivers Knowledge, Attitude and Practices on Child Growth Monitoring and Promotion Activities in Lawra District, Upper West Region of Ghana. Science Journal of Public Health 2017; 5(1): 20-30

Depkes RI. (2010). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Anak.

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2017). Data Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Guillot, C & Keenan, G. (2016). The evaluation of an information booklet in the use of effective patient communication in the setting of thoracic anesthesia. Patient Experience Journal, Vol 3, Issue 2 – Fall 2016, pp. 57-66

Hastuti D., Alfiasari., & Chandriyani., (2010). Nilai Anak, Stimulasi Psikososial, dan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun pada Keluarga Rawan Pangan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jurnal Ilmu Kesehatan dan Konseling. 3(1): 27-34. (11 Juni 2011) journal.ipb.ac.id

Hockenberrry & Wilson. (2007). Nursing Care of Infants and Children 5th edition. St Louis : Mosby Elsevier.

Ina, A dan Betan, M.O. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia Balita Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Ibu Dalam Melakukan Deteksi Dini Perkembangan Anak di Pusat Kesehatan Masyarakat Sikumana, Kota Kupang. Jurnal Info Kesehatan Vol. 15, No.1, Juni 2017, pp. 1-13

Jamalivand, S et al. (2017). Comparison of the Effects of Educational Software and Training Booklet on Maternal Self-efficacy and Infant Care Behavior in Iranian Mothers: A Randomized Controlled Trial. Int J Pediatr, Vol. 5, N.10, Serial No.46, Oct 2017

Kemenkes RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI

Padilla, A.J and Trujillo, J.C. (2015). An Impact Assessment of the Child Growth, Development and Care Program in the Caribbean Region of Colombia. Cad. Saúde Pública, Rio de Janeiro, 31(10):2099-2109, out, 2015.

Pem, D. (2015). Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days. Journal of Advanced Practices in Nursing, Vol 1(1)

Potter and Perry. (2010). Fundamental Of Nursing: Consep, Proses and Practice. Edisi 7. Vol. 3. Jakarta : EGC

Soetjiningsih. (2016). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC

Rehman, A.U., Kazmi, S.F & Munir, F. (2016). Mothers’ Knowledge about Child Development. Pak Pediatr J 2016; 40(3): 176-81

Roberte, L.M., Hoga, L.A.K & Gomes, A.L.Z. (2012). Process of Construction of an Educational Booklet for Health Promotion of Pregnant Woman. Rev. Latino-Am. Emfermagem, Jan-Feb; 20(1): 101-8.

Yurika, D. (2009). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Ibu dalam Pemantauan Perkembangan Balita di Kelurahan Sukaramai Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Tesis Universitas Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.