Cegah Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan "Sedia-Ubayahi" (Senam Diabetik & Ubah Gaya Hidup)

Yudha Anggit Jiwantoro, Lenny Rosbi Rimbun, Maryati Maryati

Abstract

Obesitas yang meningkat pada anak-anak dan remaja juga disertai dengan peningkatan kejadian Diabetes Mellitus Tipe 2 pada anak-anak dan remaja. Penting untuk mencapai dan mempertahankan kontrol metabolik pada anak-anak dan remaja untuk mencegah peningkatan risiko komplikasi mikrovaskuler dan makrovaskuler dan kurangnya kontrol glikemik di masa dewasa. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh terapi senam diabetes dan gaya hidup terhadap kadar gula darah responden. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian pra-eksperimen yang merupakan desain penelitian yang menguji intervensi dalam kelompok tanpa melibatkan variabel kontrol. Desain penelitian menggunakan one postest postest design. Sampel penelitian adalah responden yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 40 warga. Analisa uji menggunakan paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh senam diabetes dan gaya hidup (pola makan dan aktivitas) terhadap kadar gula darah dengan nilai p (0,000).

References

American Diabetes Association. (2015). Diagnosing Diabetes and Learning About Prediabetes. In Www.Diabetes.Org/Diabetes-Basics/Diagnosis. https://doi.org/1-800-DIABETES (800-342-2383)

Islaeli, B. N., Diarti, M. W., & Jiwintoro, Y. A. (2019). Pemanfaatan Larutan Garam Natrium Klorida (NACL) Sebagai Pengawet Alternatif Pada Urine Untuk Pemeriksaan Urine Metode Carik Celup. Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS). https://doi.org/10.32807/jambs.v6i1.123

Jiwantoro, Y. (2017). Riset Keperawatan (Analisis data menggunakan SPSS) (1st ed.). Mitra Wacana Media.

Perkeni, P. B. (2006). Konsensus Pengelolaan Diabetes Melitus di Indonesia. Denpasar: PB. Perkeni, Dm, 1–26.

Shahab, A. (2009). Penatalaksanaan Dislipidemia Pada Diabetes Melitus Tipe 2,. Fakultas Kedokteran Unsri.

Sutrisno, M. (2008). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien Dengan Kepatuhan Diet Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.

Waspadji. (2009). Diabetes Melitus Mekanisme Dasar dan Pengelolaannya yang Rasional. Balai Penerbit FKUI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.