Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecanduan Internet pada Siswa SMA N "X" Padang

Feri Fernandes, Aprini Yulian Sari, Mahathir Mahathir

Abstract

Perubahan biologis, psikologis dan sosial pada remaja membuat remaja mengalami masalah kesehatan di masyarakat. Kemudahan akses internet saat ini membuat remaja lebih rentan terhadap kecanduan internet. Penelitian ini berfokus pada faktor yang mempengaruhi kecanduan internet seperti stres akademik, kelekatan keluarga dan kelekatan teman sebaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stres akademik, kelekatan keluarga dan kelekatan teman sebaya dengan kecanduan internet di SMAN “X” Padang. Desain penelitian menggunakan korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah remaja SMAN “X” Padang. Total sampel sebanyak 284 remaja. Responden direkrut menggunakan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan Pearson. Hasil untuk variabel stres akademik menunjukkan hubungan yang bermakna, kekuatan hubungan kuat dan arah hubungan positif terhadap kecanduan internet (p = 0,000), variabel kelekatan keluarga menunjukkan hubungan yang bermakna, kekuatan sedang dan arah hubungan negatif terhadap kecanduan internet (p = 0,000), sedangkan variabel kelekatan teman sebaya menunjukkan kekuatan hubungan yang sangat lemah, bermakna dan memiliki arah yang negatif dengan kecanduan internet (p = 0,000). Stres akademik memiliki pengaruh paling signifikan terhadap kecanduan internet pada remaja SMAN “X” Padang. Untuk mengelola stres akademik yang dialami siswa penting adanya layanan bimbingan dan konseling agar siswa mendapatkan bantuan menurunkan stres yang dialami siswa dan fungsi sebagai siswa dapat dioptimalkan.

Kata kunci: stres akademik, kelekatan keluarga, kelekatan teman sebaya, kecanduan internet

References

Albert, D., Chein, J., & Steinberg, L. (2013).Peer influences on adolescent decision making. Current Directions in Psychological Sciences Science, 22(2), 114–120. http://doi. org/10.1177/0963721412471347.

Armsden & Greenberg. (2009). Theinventory of parent and peer Attachment:Individual differences and their relationshipto psychological well-being in adolescence.Journal of Youth and Adolescence, 16(5).doi: 0047-2891/87/1000-0427$05.00/0.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2019). Profil Pengguna Internet di Indoesia 2019. Artikel

Aydn, B., & Sar, S.V. (2011). Internet addictionamong adolescents: the role of self-esteem.Procedia-Social and Behavioral Sciences,15, 3500–3505. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.325.

Ayu, Permata S,. Asmidir,Ilyas,. Ifdil. Tingkat Kecanduan Internet pada RemajaAwal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 3(2), 110-117. doi.org/10.29210/02018190

Baroccas. (2009). Adolescent Attachment to Parents and Peers. (Online). from http://www.marial.emory.edu./ pdfs/barrocas%20thesisfinal.doc.

Busari,A.O. (2011). Stress inoculation techniques in fostering adjustment to academic stress among undergraduate students. British Journal of Humanities and Social Sciences

Busari. (2016). Academic Stress and Internet Addiction among Adolescents: Solution Focused Social Interest Programme asTreatment Option. J Ment Disord Treat 2: 114. doi:10.4172/2471-271X.100011

Federica., Kamsih. 2019. Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sma Di Temanggung. The 9th University Research Colloqium 2019, 66-72 Universitas Muhammadiyah Purworejo

Friedman, M. Marilyn. (2010). Keperawatan Keluarga :Riset, Teori dan Praktik. Jakarta : EGC

Gunuc, S. (2016). Peer influence in internetand digital game addicted adolescent: Isinternet/digital game addiction contagious?.Int J High Risk Behav Addict, 10, 1–10. http://doi.org/10.5812/ijhrba.33681.

Gusti, Agung,A., Suryani., Taty, Hernawaty. 2018. Relationship between Academic Stress, Family and Peer Attachment withInternet Addiction inAdolescents. Padjadjaran Nursing Journal, 6, 215- 226. DOI : 10.24198/jkp

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga

Jun, S., & Choi, E. (2015). Academicstress and internet addiction from generalstrain theory framework. Computer inHuman Behavior, 49, 282–287. http://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.001.

Kandemir. (2014). Predictors of AcademicProcrastination : Coping with Stress , InternetAddiction and Academic Motivation, 32(5),930–938. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2014.32.05.60.

Karimpoor, S., Ali, M., Chobegloo, M.,Alizadeh, S., & Talebi, B. (2013). Comparinginternet addiction, feeling of loneliness, andeducational progress in. PsychologicallyHealthy and At- Risk People, 19(1), 88–94.

Kurniawan, Abram. Cahyanti, I. 2013. Hubungan antara Academic Stress dengan Smartphone Addiction pada Mahasiswa Pengguna Smartphone.Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vol. 2 No. 1, April 2013. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya

Kuss, D.J., Van Rooij, A.J., Shorter, G.W.,Griffiths, M.D., & Van de Mheen, D. (2013).Internet addiction in adolescents: Prevalenceand risk factors. Computers in HumanBehavior, 29(5), 1987–1996. http://doi.org/10.1016/j.chb.2013.04.002.

Lereya ST, Winsper C, Lewis J H, Gunnell GD, Fisher L H, and Wolke D. 2013.Being bullied during childhood and the prospective pathways to self-harmin late adolescence. J.Jaac. 52(6):608–18.

Madden, A. Lenhart, S. Cortesi, U. Gasser,M. Duggan, A. Smith and M. Beaton. (2013).Teens, Social Media, and Privacy,” PewInternet & American Life Project.http://www.pewinternet.org/Reports/2013/Teens-Social-MediaAndPrivacy.aspx.

Neufeld G. 2004. Hold on to your kids: Why parents matter. 1st Edition. Toronto:A. Knopf Canada.

Notoatmodjo, S.(2014).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurmalasari,Y,. Yustiana, Y.R,. Ilfiandra. 2016. Efektivitas Restrukturisasi Kognitif Dalam Menangani Stres Akademik Siswa. 1 (1)., 75-89. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling.

Nursalam.2013. Metodelogi Penelitian dan ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Öztürk, C., Bektas, M., Ayar, D., ÖzgüvenÖztornaci, B., & Yaʇci, D. (2015).Association of personality traits and riskof internet addiction in adolescents. AsianNursing Research, 9(2), 120–124. https://doi.org/10.1016/j.anr.2015.01.001.

Pitman & Scharfe. (2010). Testing thefunction of attachment hierarchies duringemerging adulthood. Personal Relationships,17, 201–216.

Piyike, Bidjuni, & Wowiling. (2014).Hubungan tingkat stres dengan durasi bermainGame Online pada remaja di Manado. Jurnalkeperawatan, 2(2), 1–7.

Rahmawati, W. K. 2017. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia

Saliceti. (2015). Internet Addiction Disorder (IAD). Internet Addiction Disorder(IAD).http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815025525

Santrock. John. W. 2014. Adolescence Fifteenth Edition.University of Texas at Dallas: McGraw-Hill Education

Shahmohammadi, Nayereh.2011. Students‟ coping with Stress at high school level particularly at 11th & 12th grade. Procedia - Social and Behavioral Sciences 30 (2011) 395 – 401. doi:10.1016/j.sbspro.2011.10.078

Sriyanto, Abdulkarim A, Zainul A, Maryanii E. 2014. Perilaku asertif dankecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran mediamassa. Jurnal Psikologi. 41(1):74-88.

Tsitsika, A., Critselis, E., Louizou, A.,Janikian, M., Freskou, A., Marangou, E., …Kafetzis, D. (2011). Determinants of internetaddiction among adolescents: A case-controlstudy. The Scientific World Journal, 11, 866–874. http://doi.org/10.1100/tsw.2011.85.

Wang, H., Zhou, X., Lu, C., Wu, J., Deng, X.,& Hong, L. (2011). Problematic internet use inhigh school students in Guangdong Province.China, 6(5). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0019660.

Wentzel KR. 2003. School adjustment. Handbook of psychology. New Jersey:John Wiley and Sons, Inc.

Wilkinson’s. (2004). The role of parental and peer attachment in the psychological health and self-esteem of adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 33(6), 479–492.

Wong.2009. Buku Ajar KeperawatanPediatrik Volume I. AlihBahasaAgusSutarnadkk. Jakarta: EGC

World Health Organization. Orientation ProgrammeOn Adolescent Health For Health- Care Providers. DepartementOf Child And Adolescent Health and Development. https://www.who.int/maternal_child_adolescent

Wright & Cullen. (2007). Parental efficacy and delinquent behavior: Do control and support matter? Criminology, 39, 677-705. doi:10.1111/j.1745-9125.2001.tb00937.

Xiuqin, H., Huimin, Z., Mengchen, L., Jinan, W., Ying, Z., & Ran, T. (2010). Mental health, personality, and parental rearing styles of adolescent with internet addiction disorder. Cyberpsychology, behavior and social networking, 13(4), 401-406. Doi: 10.1089=cyber.2009. 0222.

Yang & Tung. (2014). Comparison of Internetaddicts and non-addicts in Taiwanese highschool. Computers in Human Behavior 23:79–96

Zulkaisy, Mita Aswanti. 2014. Hubungan antara Attachment Ibu-Anak, Attachment Ayah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.