Pengaruh Teknik Relaksasi Imajinasi Terbimbing (Guided Imagery) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Anak Usia Sekolahdi Ruang Rawat Inap Anak RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah SM Batusangkar

Deswita -, Asterina -

Abstract

Pengaruh Teknik Relaksasi Imajinasi Terbimbing (Guided Imagery) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Anak Usia Sekolah Di Ruang Rawat Inap Anak RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah Sm Batusangkar.

Gangguan tidur sering dialami oleh anak selama menjalani hospitalisasi. Gangguan tidur dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kondisi fisik dan psikologis seseorang serta bisa menyebabkan lamanya proses penyembuhan. Teknik relaksasi imajinasi terbimbing (guided imagery) merupakan salah satu teknik relaksasi yang menggunakan semua pancaindera melalui audio yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teknik relaksasi imajinasi terbimbing terhadap pemenuhan kebutuhan tidur anak usia sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang terdiri dari 14 orang responden yang mengalami gangguan tidur. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik wilcoxon menunjukan adanya pengaruh teknik relaksasi imajinasi terbimbing terhadap pemenuhan kebutuhan tidur anak usia sekolah dengan rata-rata peningkatan durasi tidur adalah 8,42, p=0,000 dan standar deviasi 0,474. Perlu diberikan teknik relaksasi imajinasi terbimbing (guided imagery) baik secara langsung ataupun menggunakan media audioseperti mp3 di sebuah pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kebutuhan tidur pasien rawat inap anak

References

Andari, U. (2013). Pengaruh Teknik Relaksasi Imajinasi Terbimbing (Guided Imagery Terhadap Kualitas Tidur Pasien Diabetes Melitus di RSUD Solok. Skripsi. Padang: Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Anggraini, T.L. (2012). Penggunaan Audio Recorded Guided Imagery Therapy Untuk Mengurangi Nyeri Abdominal Fungsional Pada Anak. Depok : Program Magister Fakultas Ilmu Keperawatan Peminatan Keperawatan Anak Universitas Indonesia.

Ashra, F. dkk. (2012). Pengaruh Teknik Relaksasi: Imajinasi Terbimbing Terhadap Pengurangan Tingkat Nyeri Pada Pasien Postoperasi Apendiktomi Di Ruang Rawat Inap Bedah Rsud Prof. Dr. Ma. Hanafiah SM Batusangkar Tahun 2012.

Colella. (2009). The Effect of Guided Imagery Therapy in Children with Functional Abdominal Pain in Quiescent Inflammatory Bowel Diseases (IBD).

Crampton, M. (2005). Guided Imagery: A Psychosynthesis Approach. Canadian Institute of Psychosynthesis.

Dahlan, M.S. (2013). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat dan Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan Menggunakan SPSS. Jakarta : Salemba Medika.

Garliah, L. (2009). Pengaruh Tidur Bagi Perilaku Manusia. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

______. (2008). Hubungan Informasi Tentang Tindakan Keperawatan Dengan Pola Tidur Pasien. Universitas Sumatera Utara.

Gorman, B. (2010). The Power of Guided Imagery. University of Minnesota : Mandala

Hidayat, A. A. A. (2011). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Selemba Medika

Kalsum, Dr.U. dkk. (2007). Pengaruh Teknik Guided Imagery Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Klien Wanita Dengan Gangguan Tidur (Insomnia) Usia 20-25 Tahun Di Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Malang. Majalah Kesehatan FKUB.

Kamora, dkk. (2012). Efektifitas Teknik Relaksasi Guided Imagery Terhadap Pemenuhan Rata-Rata Jam Tidur Pasien Di Ruang Rawat Inap Bedah. Riau: Universitas Riau.

Mariyam, A.K. (2008). Hubungan antara Stress Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Terhadap Perubahan Pola Tidur Anak Selama di Rawat di BRSD RAA Soewondo Pati.

McLaughlin, M. dan Allen, M.B. (2000). Guided Comprehension: a teaching model for grades 3-8 Visualizing. Newark, Delaware: International Reading Association.

Meltzer, L.J. de et al. (2012). Patient and Parent Sleep In a Children’s Hospital. Pediatric Nursing/March-April 2012, 38 (2). 2 Maret 2014. dari https://www.pediatricnursing.net/ce/2014/article38026471.pdf

Natalita, C. dkk. (2011). Skala Gangguan Tidur untuk Anak (SDSC) sebagai Instrumen Skrining Gangguan Tidur pada Anak Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Sari Pediatri, 12(6).Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Notoadmojo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pariman. (2009). Guided Imagery (Sebuah Pendekatan Psikosintesis) Untuk Penurunan Depresi Pada Penderita Kanker. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.

Potter, A & Perry, A. 2005. Buku ajar fundamental keperawatan; konsep, proses, dan praktek, vol.2, edisi keempat. Jakarta: EGC.

Rahayu, U. dkk. (2010). Pengaruh Guide Imagery Relaxation Terhadap Nyeri Kepala Pada Pasien Cedera Kepala Ringan. Laporan Akhir Penelitian. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran

Reznick, C.PhD. (2009). The Power of Your Child’s Imagination: How to Transform Stress and Anxiety into Joy and Success. Peringee.

Saputri, K.D. (2011). Pengaruh Teknik Relaksasi Guided Imagery Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Lansia di Panti Sosial Trisna Werdha Melania Tanggerang. Jakarta : Universitas Pembangunan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutrimo, A.. (2012). Pengaruh Guided Imagery and Music (GIM) terhadap Kecemasan Pasien Pre Operasi Section Caesaria (SC) di RSUD Banyumas.

Tanjung, MF C dan Rini, S. (2004). Masalah Tidur pada Anak. Sari Pediatri, 6 (3), 138-142.

Tell, P. (2007). The Power of aCild’s Imagination. People magazine. 2 Maret 2014. dari www.PattiTeel.com.

Utami, M. A. (2013). Pengaruh Guided Imagery Terhadap Nyeri Menstruasi.Jurnal Online Psikologi, 01 (02). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Vygotsky, L.S. (2004). Imagination and Creativity in Childhood.Journal of Russian and East European Psychology, 42 ( 1), 7–97.

Wong, D.L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Edisi Keenam. Jakarta: EGC.

Wijayanti, P.D. (2009). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Regresi Anak Prasekolah Saat Hospitalisasi Di Rumah Sakit Anak Dan Bunda Harapan Kita Jakarta. Jakarta : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Uin Syarif Hidayatullah

Yuniartini, dkk. (2009). Pengaruh Terapi Bercerita Terhadap Kualitas Tidur Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Ruangan Perawatan Anak RSUP Sanglah Denpasar. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.