Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pengetahuan tentang Penatalaksanaan Diare pada Balita

Dwi Novrianda, Fitra Yeni

Abstract

Peranan seorang ibu dalam penatalaksanaan diare sangat penting sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat diare. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu berdasarkan umur, tingkat pendidikan, status pekerjaan, dan status ekonomi dengan pengetahuan tentang penatalaksanaan diare pada balita. Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal 1 Maret - 9 Agustus 2004 dengan responden sebanyak 97 orang. Desain penelitian cross sectional study dengan simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara terpimpin menggunakan kuisioner, dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan chi-square. Dari penelitian didapatkan 55,7 % berada pada kelompok usia tua (31-45 tahun); 45,4 % responden berpendidikan rendah; 90,7 % responden tidak bekerja; 57,7 % berstatus miskin. Pada umumnya pengetahuan responden mengenai penatalaksanaan diare pada balita 58,8 % adalah buruk. Terdapat hubungan yang bermakna antara umur, tingkat pendidikan, dan status ekonomi dengan pengetahuan tentang penatalaksanaan diare pada balita. Untuk itu perlu peningkatan pengetahuan ibu-ibu balita melalui penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat

References

Afifah, T., Djaja, S., Irianto, J. (2003). Kecenderungan penyakit penyebab kematian bayi dan anak balita di Indonesia 1992-2001. Buletin Penelitian Kesehatan, 31 (2). Jakarta: Departemen Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2000). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan Propinsi Sumatera Barat. (2003). Situasi program diare dan kecacingan propinsi Sumatera Barat.

Departemen Kesehatan RI. (2000). Buku ajar diare. Jakarta: Depkes RI Ditjen PPM dan PLP.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2003). Laporan P2 diare Kota Padang.

Friedman, M. M. (1998). Keperawatan keluarga: Teori dan praktek. Jakarta: EGC.

Gibson, J. L. (1997). Organisasi perilaku, struktur, proses. Jakarta: EGC.

Ichlas, N. (1997). Penatalaksanaan diare akut pada balita oleh ibu-ibu di Desa Sariak Lawah Mudiak Kabutan 50 Kota. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

McKinney, Emily Stone et al. (2000). Maternal Child Nursing. Philadelphia: WB. Saunders Company.

Muhtar. (2003). Diare tampak remeh tapi bisa mematikan. Diakses dari www.gatra.com.

Nasution, N. (1995). Psikologi pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Notoatmodjo, S. (1997). Ilmu kesehatan masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (1993). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pandji, A. (2001). Psikologi kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwadarminta. (2000). Kamus umum Bahasa Indonesia. Edisi 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebuadayaan. Balai Pustaka.

Qlintang, S. (1997). Penatalaksanaan dan pencegahan diare. Edisi 3. Jakarta: EGC.

Soekanto, S. (1981). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Yayasan Penerbit UI.

Srimawar, D, Sriandi, A. A. (1997). Faktor determinan yang mempengaruhi pilihan pengobatan. Buletin Penelitian Kesehatan, (102). Jakarta: Departemen Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.