Analisa Kesehatan Reproduksi Remaja Perempuan Usia Early Adolescence di Pekanbaru

Oswati Hasanah, Miraswati -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kesehatan reproduksi pada remaja perempuan di Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan teknik pengambilan data secara cross sectional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 189 responden yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil analisa didapatkan data sebagian besar responden berada pada usia early adolescence (79,9%) dan sebagian besar bersuku minang (47,6%). Berdasarkan analisa terkait kesehatan payudara, sebagian besar responden merasakan ada benjolan pada payudara (80,4%), namun hanya 1,1% remaja yang pernah berupaya untuk memperbesar payudara. Sebagian besar responden (63%) memiliki kebiasaan baik dalam memilih pakaian, namun lebih dari separuhnya mengalami keputihan (55,6%) yang umumnya bersifat fisiologis, hampir seluruh responden memiliki kebiasaan cebok yang tidak sehat (97%) dan pernah berusaha mengatasi keputihan (94,7%)  dengan aneka jamu dengan menggunakan ramuan tradisional (79%). Dapat disimpulkan secara umum responden masih memiliki kesehatan reproduksi yang baik, namun masih diperlukan upaya yang berkelanjutan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan status kesehatan reproduksi remaja di Pekanbaru.

References

Barker, G. (2007) Adolescents, social support and help-seeking behaviour, an international literature review and programme consultation with recommendations for action. Geneva: WHO Library Cataloguing-in-Publication Data.

Hockenberry, M. J. & Wilson D. (2009). Wong’s essentials of pediatric nursing, eighth edition. St Louis, Missouri: Mosby.

Papalia, D. E., Old, S. W. & Feldman, R. D. (2008). Human development. Jakarta: Kencana Prenada Gramedia Group.

Pillitteri, A. (1999). Child health nursing. care of the child and family. Philadelphia : Lippincott.

Santrock, J. W. (2007). Remaja, edisi 11, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.