Pengalaman Ibu dalam Merawat Bayi dengan Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah

Deswita -

Abstract

: Merawat bayi menjadi suatu stressor tersendiri terlebih jika bayi lahir dengan premature dan bayi yang mempunyai berat badan lahir rendah. Banyak permasalahan yang timbul, jika bayi tidak dirawat sebagaimana mestinya mengakibatkan kecacatan bahkan kematian. Namun demikian, ada beberapa ibu yang berhasil merawat bayi premature dan BBLR di rumah. Ibu yang berhasil merawat bayi premature dan BBLR di rumah merupakan suatu keadaan yang sangat menarik untuk dipelajari, karena dengan pengalaman yang baru mendapatkan bayi premature dan BBLR, ibu telah mampu merawatnya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah di dapatkannya gambaran pengalaman ibu dalam merawat bayi premature dan BBLR di rumah.   Penelitian  ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Partisipan penelitian ini adalah ibu yang telah memiliki bayi prematur dan BBLR dirawat di rumah daerah wilayah kerja Puskesmas Ambacang. Pengambilan partisipan dilakukan tehnik purposif sampling, dengan jumlah 5 orang. Tema yang teridentifikasi dari hasil wawancara adalah sebanyak 5 (lima). Tema tersebut adalah: (1) Karakteristik bayi premature dan BBLR, (2) Respon ibu  terhadap kelahiran premature dan BBLR (3) Perawatan bayi premature dan BBLR di rumah, (4) Dukungan ibu dalam merawat bayi premature dan BBLR, (5) Harapan ibu pada pelayanan kesehatan.

References

Burns, N. & Grove, S.K. (2003). Understanding nursing research. (3rd). USA : W.B. Saunders Company.

Bobak, I.M., Lowdermik, D.L., & Jensen, M.D. (2005). Keperawatan maternitas. (Edisi 4). Jakarta: Penerbit EGC.

Cutrona, C., & Troutman, B.R. (1986). Social support, infant temperament, and parenting self-efficacy. A mediational model of postpartum depression. Child Development, 57(6), 1507-1518 dalam Badr, L.K. (2005). Further psychometric testing and use of the maternal confidence questionnaire. Comprehensive Pediatric Nursing, 28:163–174. http://www.proquest.umi.com diperoleh tanggal 20 Januari 2010.

Hockenberry, M. & Wilson, D. (2009). Wong’s nursing care of infants and children. St.Louis: Mosby Elsevier.

Sulani, F. (2009). Masalah pertumbuhan janin terhambat (PJT) dan bayi berat lahir.

Setiawan (2009). Asuhan keperawatan pada bayi hiperbilirubin.Diakses tanggal 24 November 2009. Dari : http://cnennisa.files.wordpress.com/2007/08/asuhan-keperawatan-dengan-hiperbilirubin.pdf

Wijayanegara, H. et al. (2009). Prematuritas. Bandung : Penerbit Refika Aditama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.