Hubungan Fungsi Perawatan Kesehatan Keluarga dengan Kadar Kolesterol Pasien Hiperkolesterolemia di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang Tahun 2013

Ira Erwina, Fitra Yeni

Abstract

Hiperkolesterolemia menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung koroner yang merupakan penyebab kematian nomor satu. Pengontrolan kolesterol dilakukan dengan melibatkan keluarga dalam melaksanakan fungsi perawatan kesehatan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang paling signifikan. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang dengan responden 60 orang. Analisis dengan uji chi square dan regresi logistik. Hasil penelitian ada hubungan bermakna antara fungsi perawatan kesehatan keluarga dalam pelaksanaan praktik diet P=0,004 (p<0,05), aktifitas fisik dan rekreasi p=0,002 (p<0,05) dengan kadar kolesterol. Sedangkan praktik pencegahan berbasis pengobatan tidak terdapat hubungan bermakna p=0,925 (p>0,05). Variabel yang paling signifikan adalah fungsi perawatan kesehatan keluarga dalam pelaksanaan praktik diet dengan nilai p=0,007 dengan nilai OR=4,896 (95%CI=1,548-15,486). Saran kepada pihak puskesmas agar dapat meningkatkan frekuensi kunjungan rumah dan memberikan penyuluhan yang lebih ditekankan pada praktik diet dan menyarankan keluarga untuk berperan lebih aktif dalam melaksanakan fungsi perawatan kesehatan.

References

Dahlan, S, M. (2004). Statistika untuk Kedokteran dan Kesehatan, Uji Hipotesis Menggunakan SPSS. Seri Evidence Based Medicine 1. Jakarta: Arkans

Dalimartha, S. (2005). Resep Tumbuhan Obat untuk Menurunkan Kolesterol. Jakarta: Penebar Swadaya.

Effendi. (2008). Dasar- dasar Kesehatan Keperawatan Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Erina, S. (2009). Beberapa Faktor Dominan yang Berhubungan dengan Kadar Kolesterol Darah Penduduk Laki- laki Dewasa di Kota Semarang. Dari http://www.repository.usu.ac.pdf. Diakses pada tanggal 28 Maret 2013.

Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga, Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC

Herliana, E & Sitanggang. (2010). Solusi Sehat Mengatasi Kolesterol Tinggi. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Hidayat, A. (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Mubarak, W. I, dkk. (2008). Ilmu Keperawatan Komunitas 2. Jakarta: Sagung Seto.

Nilawati, S, dkk. (2008). Care Your Self Kolesterol. Jakarta: Penebar Plus.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Padila. (2012). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Nuha Medika

Setiadi. (2008). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu

Setyowati & Murwani, A. (2008). Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Aplikasi Kasus. Edisi Revisi. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Suprajitno. (2004). Asuhan Keperawatan Keluarga Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: EGC.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.