Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pelaksanaan Rentang Gerak Sendi Aktif Post Operasi Pada Pasien Fraktur Ekstremitas di Ruang Bedah Trauma Center RSUP DR. M. Djamil Padang

Vivi Oktasari, Atih Rahayuningsih, Mira Susanti

Abstract

Mobilisasi merupakan kegiatan yang penting dalam pemulihan post operasi untuk mencegah terjadinya komplikasi, salah satunya kontraktur. Mobilisasi khususnya latihan rentang gerak sendi akan meningkatkan sirkulasi darah untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi nyeri. Immobilisasi yang lama karena fraktur akan merangsang artrofi otot skletal terutama ekstremitas yang menyebabkan menurunnya kekuatan otot sampai 5,5% perhari. Untuk meningkatkan pengetahuan pasien fraktur tentang latihan yang harus dilakukan post operasi adalah melalui pendidikan kesehatan pre operasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatn terhadap pengetahuan dan pelaksanaan rentang gerak sendi aktif post operasi ORIF pada pasien Fraktur Ekstremitas. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan Post-test Only Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 20 orang pasien fraktur ekstremitas dengan 10 orang pasien menjadi kelompok eksperimen dan 10 pasien menjadi kelompok kontrol. Analisa data menggunakant independent t-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan (p=0,000), skor pelaksanaan (p=0,000) antara pasien yang diberikan pendidikan kesehatan dan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan. Disarankan perawat sebagai pemberi pelayanan dapat menerapkan pemberian pendidikan kesehatan preoperasi khususnya tentang latihan rentang gerak sendi pada pasien fraktur ekstremitas sebagai kegiatan intervensi keperawatan dirumah sakit untuk meningkatkan pengetahuan pasien dan memotivasi pasien dalam melakukan latihan rentang gerak sendi post operasi

References

Apley. A & Solomon, L. (1995). Buku Ajar Ortopedi dan Fraktur Sistem Apley (Edisi 7). Jakarta : Widya Medika.

BPS RI. (2012). Jumlah kecelakaan, koban mati, luka berat, luka ringan, dan kerugian materi yang diderita tahun 1992-2010.

Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

_____ . (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

_____ . (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

_____ . (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ningsih, A.R. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi perawat dalam pelaksanaan pennyuluhan mobilisasi dini pada pasien pre operasi di Irna Bedah RSUP Dr. M Djamil Padang.

Kozier. (1995). Fundamental Of Nursing Concept, Process And Practice. Jakarta : EGC.

Okwerita. (2010). Pengaruh penyuluhan terhadap pelaksanaan mobilisasi dini pada pasien paska bedah sesar di Ruang Kebidanan RSUD Sungai Dareh.

Potter & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik (Edisi 4). Jakarta : EGC.

Smeltzer, S &Brenda G. Bare. (2001). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth (Edisi 8). Jakarta : EGC.

Suliha Uha. (2002). Pendidikan kesehatan dalam keperawatan. Jakarta : EGC.

Titi. (2010). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan pencegahan penularan TB Paru pada keluarga di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dhamasraya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.