Gambaran Stres Pengasuhan Pada Orangtua Dengan Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Muhamad Yunus, Sri Wahyuni, Oswati Hasanah

Abstract

The Covid-19 pandemic changed parenting situations such as accompanying children in the study at home, overseeing the children to avoid spreading the disease, etc. This study aims to identify the description of parenting stress on parents with school-age children during the Covid-19 pandemic. This quantitative research uses a simple descriptive approach. 98 respondents were selected using the cluster sampling technique. Parenting Stress Index Short Form is used as a research measuring tool. The results showed that all parents experienced parenting stress during the Covid-19 pandemic, but mainly at a low level, 63 people (64.3%). Parenting stress at a moderate level was experienced by 34 people (34.7%), and a high level of parenting stress was shared by one person (1.0%). The majority of parenting stress levels are low. Parenting stress, based on the domain, mainly occurs in the parental environment. Parents lack knowledge and experience assisting school-age children to learn from home during the Covid-19 pandemic. It is hoped that parents can and can adapt to system changes that occur during the pandemic to reduce the intensity of parenting stress.

References

Andrawina, G., P. (2017). Pengasuhan keluarga single parent terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Departemen Sosiologi Universitas Airlangga Vol. 6 No. 1: 294–377

Chairini, N. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia prasekolah di Posyandu Kemiri Muka. Oktober, 2013. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id.

HR. Bukhari No. 4803.(2020). Makna “Setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah...” Diperoleh pada 19 September 2021 dari https://www.hadits.id.

Khadijah & Gusman. (2020). Pola kerja sama guru dan orang tua mengelola bermain aud selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia. Vol. 8 No. 2: 154-170. Diperoleh tanggal 12 September 2021 dari https://jurnal.uns.ac.id.

Khairati. (2019). Hubungan antara stres ibu dengan perilaku kekerasan terhadap anak di kecamatan lembah sabil kabupaten aceh barat daya. September 27, 2019. Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2021). Situasi virus covid-19 di Indonesia. Diperoleh tanggal 7 Juni pada https://covid19.go.id/peta-sebaran.

Kumalasari, D dan Gani, I., A. (2020). Mengasuh anak usia pra sekolah vs anak usia sekolah dasar: Manakah yang lebih menimbulkan stres pengasuh pada ibu? Jurnal Psikologi Vol. 11 No. 2: 147–160. Diperoleh tanggal 20 Februari 2021 dari https://journal.trunojoyo.ac.id.

Lestari, S. & Widyawati, Y. (2016). Gambaran parenting stress dan coping stress pada ibu yang memiliki anak kembar. Jurnal Psikogenesis, Vol. 4 No. 1: 41–57. Diperoleh tanggal 1 Juni 2021 dari https://academicjournal.yarsi.ac.id.

Maharani, N., E. (2020). Studi sebut depresi, stres & cemas berlebihan melonjak saat pandemi. Tirto.id. Diperoleh tanggal 5 Juni dari https://tirto.id/fUor.

Muslim, M. (2020). Manajemen stres pada masa pandemi covid-19. Jurnal Manajemen, Vol. 23 No.2: 192–201. Diperoleh tanggal 2 Juni 2021 dari https://ibn.e-journal.id/index.php/ESENSI/article/download/205/181.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi pelitian kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Palupi, T., N. (2021). Tingkat stres ibu dalam mendampingi siswa-siswi sekolah dasar selama belajar dari rumah di masa pandemi covid-19. JP3SDM, Vol.10 No: 36–48. Diperoleh tanggal 28 Juni 2021 dari https://ejournal.borobudur.ac.id.

Pemprov Riau. (2021). Riau tanggap covid-19: Data sebaran covid-19 Kota Pekanbaru. Diperoleh tanggal 26 Juni 2021 dari https://corona.riau.go.id.

Purnomo, J., C. & Kristiana, I., F. (2016). Hubungan antara dukungan sosial suami dengan stres pengasuhan istri yang memiliki anak retardasi mental ringan dan sedang. Jurnal Empati, Vol. 5 No. 3: 507–512. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2021 dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id.

Putri, A., F. (2019). Pentingnya orang dewasa awal menyelesaikan tugas perkembangannya. Indonesian Journal of School Counseling, Vol. 3 No. 2: 35–40. Diperoleh tanggal 5 September dari https://jurnal.iicet.org/index.php/schoulid/article.

Raihana. (2020). Pengelolaan emosi ibu pada anak selama pembelajaran dari rumah (dampak pandemi covid 19). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 2: 132–139. Diperoleh tanggal 1 Juni 2021 dari https://journal.uir.ac.id.

Ramadhany, S., D., Larasati, T., A dan Soleha, T., U. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak tunagrrahita di SLB Dharma Bakti Pertiwi. J. Agromed Unila, Vol. 4 No. 2: 288–292. Diperoleh tanggal 6 Juni 2021 dari https://juke.kedokteran.unila.ac.id.

Riau Tanggap Covid-19. (2021). Sebaran covid-19 Kota Pekanbaru. Diperoleh tanggal 7 Juni dari https://corona.riau.go.id.

Sari, D., Y., Krisnatuti, D dan Yuliati, L., N. (2015). Stres ibu dalam mengasuh anak pada keluarga dengan anak pertama berusia dibawah 2 tahun. Jurnal Ilmu Keluarga & Konseling. Vol. 8 No. 2: 80–87. Diperoleh tanggal 2 Juni 2021 dari https://journal.ipb.ac.id.

Thahir, A. (2018). Psikologi perkembangan. Auira Publishing. http://repository.radenintan.ac.id.

Utami, E., W. (2020). Kendala dan peran orangtua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020: ISSN: 2686 6404: 471–479. Diperoleh tanggal 28 Juni 2021 dari https://proceeding.unnes.ac.id.

World Health Organzation. (2020). WHO director-general’s remaks at the media briefing on 2019-ncov on 11 february 2020. Cited Feb 13rd 2020. Diperoleh tanggal 1 Juni 2021 dari https://www.who.int.

Yahya, U. (2015). Konsep pendidikan anak usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam. Jurnal Islamika, Vol. 15 No. 2: 227–244. Diperoleh tanggal 19 September 2021 dari https://ejournal.iainkerinci.ac.id.

Yusuf, S. (2014). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.