Hubungan Lingkungan Belajar Klinik dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa pada Program Pendidikan Ners

Nelwati -, Atih Rahayuningsih

Abstract

Lingkungan belajar klinik merupakan wahana pembelajaran klinik. Kurangnya komunikasi dan feedback yang seharusnya terfasilitasi oleh lingkungan klinik menjadi perhatian yang selektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar klinik dengan tingkat kecemasan pada pembelajaran klinik mahasiswa program Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 2011. Penelitian ini bersifat korelatif dengan pendekatan cross sectional. Penggambilan sampel menggunakan metode total sampling. Jumlah sampel sebanyak 69 orang mahasiswa pada tanggal 21-29 November 2011 dengan menggunakan kuesioner SECEE dan DASS. Hasil analisa data menunjukan 49% mahasiswa program Ners menyatakan lingkungan belajar klinik buruk dan 56,5% mahasiswa program Ners memiliki tingkat kecemasan sedang. Didapatkan hasil dari analisis bivariat terdapat hubungan antara lingkungan belajar klinik dengan tingkat kecemasan dengan analisis spearman rank  nilai p=0,000 dan r=-0,769 dengan arah korelasi negatif, dimana semakin buruk lingkungan belajar klinik akan semakin meningkatkan kecemasan. Perlu penerapan metode mentorship di setiap ruangan tempat praktik selama pembelajaran klinik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan, harga diri, kepercayaan diri serta pencapaian kompetensi mahasiswa.

References

Cross, L. (2004). Learning in the classroom environment. Journal Teacher Education, 28(6), 51-52.

Emilia, O. (2008). Kompetensi dan lingkungan belajar klinik di rumah sakit. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kevin, J. (2006). Problem in the supervision and assessment of student nurse: can clinical placemen be improved. Contemporary Nurse, 22(1), 36-45.

Lazarus, R. (1999). Introduce level of anxiety. Journal of Advanced Nursing, 49(9), 2290-2300.

Locken & Norberg. (2007). Reduced anxiety improves learning ability of nursing students through utilization of mentoring triads. Journal of Nursing Education, 2(2), 69-73.

Moscaritolo, L.M. (2009). Interventional strategies to decrease nursing student anxiety in the clinical learning environment. The Journal Of Nursing Education, 48(1), 17-23.

Reilly, D.E & Oermann, M. (2002). Pengajaran klinis dalam pendidikan keperawatan (Edisi 2). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Sharif, F & Masoumi, S. (2005). A qualitative study of nursing student experiences of clinical practice. Southern Online Journal of Nursing Research, 1(23), 1445-1489..

Syahreni, E & Waluyanti, F.T. (2007). Pengalaman mahasiswa S1 keperawatan program reguler dalam pembelajaran klinik. Jurnal Keperawatan Indonesia. 11(2), 47-53.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.