Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Gangguan Nutrisi Akibat Kanker melalui Pendekatan Model Adaptasi Roy

Muhsinin -, Deswita -

Abstract

Kanker pada anak mengalami peningkatan dalam beberapa tahun, termasuk di Indonesia. Studi literatur ini memberikan gambaran mengenai penerapan Model Adaptasi Roy dalam asuhan keperawatan pada anak yang menderita kanker dengan masalah nutrisi. Peran perawat diperlukan dalam penerapan Model Adaptasi Roy dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak dan keluarga agar berperilaku adaptif selama menjalani perawatan dan pengobatan penyakit kanker. Model Adaptasi Roy berdasarkan pertimbangan bahwa anak dengan penyakit kanker membutuhkan penanganan khusus, rumit kompleks serta terapi kemoterapi yang berdampak terhadap gangguan sistem pencernaan sehingga menyebabkan malnutrisi. Dalam menghadapi hal ini  perlunya perilaku adaptif  dari klien dan keluarga agar perawatan dan pengobatan dapat berjalan lancar dan kontinyu. Diagnosis keperawatan utamanya adalah gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Intervensi keperawatan yang diberikan berupa memberikan motivasi dan dukungan kepada klien dan keluarga, pendidikan kesehatan, melakukan pemantauan dan pemeriksaan antropometrik, serta perawatan gigi dan mulut. Bentuk kegiatan lain untuk mencapai asuhan keperawatan yang optimal yaitu berupa family education mengenai perawatan dan pengobatan penyakit kanker.

References

Alligood, M.R. & Tomey, A.M. (2006). Nursing theory utilization dan application. (edisi 3). USA : Mosby elsevier.

Alwi, I., Nasution, S.A., & Ranitya, R. (2009). Prosiding Simposium Pendekatan Holistik Kardiovaskular VIII. Jakarta: Pusat Penerbita Ilmu Penyakit Dalam.

Ball, J.W. & Bindler, R.C. (2003). Pediatric Nursing Caring for Children.(edisi 3). New Jersey: Pearson Education.

Hockenberry, M. & Wilson, D. (2009). Wong’s nursing care of infants and children. St.Louis: Mosby Elsevier.

James, S.R., & Ashwill, J.W. (2007). Nursing Care of Children Principles & Practice. (edisi 3). U.S.A: Saunders Elsevier.

Kim, M.J., McFarland, G.K., & McLane, A.M. (2006). Diagnosa Keperawatan. (edisi 7). Jakarta: EGC.

Riyadi, S. & Sukarmin. (2009). Asuhan Keperawatan pada Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.